Tradisi Mudik / Pulang ke Rumah Orang tua

Tradisi Mudik atau tradisi pulang kampung di hari lebaran atau hari raya idul fitri.
Ini merupakan Budaya bangsa Indonesia, dimana di hari kemenangan umat Muslim para urban atau kaum perantau melakukan silahturahmi kepada orang tua mereka untuk merayakan kemenangan bersama keluarga dan meminta sungkem kepada orang tua.
Bagi yang orang tuanya sudah tiada mereka tetap melakukan mudik setidaknya mengunjungi makam orang tua meraka atau bertemu saudara-saudara mereka disana.

Sebetulnya tradisi seperti ini juga banyak di negara-negara lain tapi mungkin berbeda acaranya atau waktunya sesuai agama, keyakinan atau budaya mereka. Seperti masyarakat china melakukan mudik atau pulang kampung besar-besaran di lakukan waktu hari raya china atau disebut juga IMLEK.

Tradisi Mudik ini dilakukan 1 tahun sekali dimana keluarga besar berkumpul bersama di waktu yang sama di rumah induk atau rumah orang tua.

Nah waktu di hari lebaran, kebanyakan orang yang tidak punya kampung atau orang kota kebingungan karena pembantu mereka pada mudik pulang ke kampung halaman masing-masing sehingga mereka harus mengerjakan atau melakukan pekerjaan rumah tangga sendiri. Repot juga… ga juga kalau mereka sudah terbiasa sebelumnya, tapi kalau yang ga terbiasa ya pasti repot he..he..